Cara Mengatasi Masalah Laptop dan Komputer yang Lemot Agar Normal Kembali

Tak bisa dipungkiri mungkin sebagian dari anda yang menggunakan laptop atau komputer pernah mengalami kondisi laptop atau komputer yang berjalan secara lambat. Hal tersebut tentu sangatlah menyebalkan. Padahal anda juga membutuhkan program pada komputer tersebut untuk mengerjakan tugas-tugas yang harus diselesaikan. Munculnya kondisi laptop atau komputer yang lambat bisa disebabkan oleh hardware maupun softwarenya. Namun biasanya yang sering menjadi pemicu utama masalah tersebut adalah banyaknya aplikasi yang terinstall sehingga membuat processornya terbebani. Hal tersebut membuat laptop atau komputer menjadi lambat kinerjanya. Namun untuk anda yang mengalami masalah tersebut sebaiknya tak perlu khawatir karena ada cara mengatasi laptop dan komputer lemot yang bisa anda praktikkan.

Mengatasi Laptop dan Komputer yang Lemot Agar Normal

  1. Uninstall Program yang Tak Terpakai
    Banyaknya program yang terinstall di laptop atau komputer anda maka membuat perangkat tersebut semakin lambat kinerjanya. Untuk mengatasi masalah tersebut silakan hapuslah software yang tidak terpakai sehingga perangkat anda bisa kembali berjalan secara normal.
  2. Upgrade Hard Drive
    Bila memoeri penyimpanan perangkat semakin sesak karena file berupa video, gambar, software maupun jenis lainnya membuat perangkat laptop atau komputer anda menjadi lembot. Untuk mengatasi hal tersebut silakan tingkatkan ukuran hard drive anda.
  3. Mengurangi Program Start Up
    Saat menghidupkan laptop atau komputer maka akan muncul beberapa aplikasi yang aktif karena berjalan otomatis. Program start up tersebut bila begitu banyak maka akan membuat kinerja sistem menjadi lambat. Untuk itulah pilih program star up sesuai dengan prioritas serta kebutuhan.
  4. Upgrade RAM
    Jika menjalankan aplikasi secara bersamaan maka membuat perangkat menjadi lambat. Hal tersebut bisa diatasi dengan meningkatkan ukuran mempori RAM pada perangkat.
  5. Membersihkan Debu
    Bila CPU terlalu banyak debu maka akan membuat aliran udaranya menjadi tersumbat. Hal ini dapat menyebabkan CPU menjadi cepat panas dan berdampak pada kienrjanya menjadi lemot. Untuk itulah sebaiknya silakan bersihkan kmponen hardware dari kotoran maupun debu.
  6. Menghilangkan Malware
    Untuk mengatasi laptop atau komputer yang lemot maka bersihkan dari virus atau program jahat lainnya menggunakan antivirus. Bila sudah terlanjur maka silakan hapus malware memakai beberapa program tambahan.

Penjelasan di atas bisa anda praktikkan secara mudah agar laptop atau komputer anda menjadi bebas lemot. Pastinya cara-cara di atas dapat membantu anda mengembalikan kinerja laptop atau komputer sehingga bisa berjalan normal seperti sedia kala dan tidak mengganggu pekerjaan anda.